Hayati Makna Kematian Yesus Kristus


Print

SANSIRO-Meski masih disibukan dengan pelaksanaan pemilu, namun umat kristiani di Kabupaten Sangihe dan Sitaro (Sansiro) tak lupa dengan tugas pelayanannya. Sebagai orang-orang percaya pada Yesus Kristus, umat kristiani di daerah kepulauan ini ambil bagian bersama-sama melakukan ibadah kematian Yesus Kristus, Jumat (10/4) kemarin pagi.
Seluruh gedung gereja terlihat dipenuhi umat kristiani yang melakukan ibadah. Kekhusyukan pun nampak dalam ibadah tersebut. Khusus di beberapa jemaat ada Pelka Pemuda dan Remaja yang melakukan ibadah prosesi Jumat Agung melakukan penyaliban Tuhan Yesus. “Kematian Yesus Kristus di kayu salib semata untuk menebus dosa seluruh umat manusia. Semua yang dilakukannya adalah bentuk kasih dan karunia Tuhan Allah bagi orang percaya. Hari ketiga Yesus Keristus akan bangkit dari antara orang mati sebagai bentuk kemenangan umat Kristiani dari maut dan dosa,” ungkap para pendeta saat membawakan khotbah diatas mimbar gereja.
Puncak dari jumat agung ini pun dilakukan umat kristiani dengan melakukan ibadah perjamuan kudus di masing-masing gereja. Seperti yang dilakukan jemaat GMIST Maranata Tahuna, GMIST Patmos Tahuna, Jumat (10/4) sore kemarin. Dilakukan pukul 15.00 wita dan pukul 17.00 wita, anggota jemaat bersama pendeta, penatua dan syamas duduk bersama dalam ibadah perjamuan dengan makan roti dan minum anggur yang adalah simbol tubuh dan darah Yesus Kristus. Sementara di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Tahuna ibadah jumat agung dilakukan lewat ibadah pagi hari pukul 09.00 wita yang dilanjutkan dengan perjamuan kudus. Suasana perayaan jumat agung juga terlihat di seluruh gereja katolik dan KGPM di Sangihe dan Sitaro. Umat Katolik sejak pagi hari datang membanjir gereja untuk melakukan ibadah dan perjamuan kudus.
Sementara pantauan di pusat kota Tahuna dan Ulu Siau, Jumat (10/4) kemarin terlihat lengang. Aktifitas toko, pedagang, kendaran roda empat, roda dua pelabuhan, perkantoran dan lainnya terlingat lengang. Hal serupa juga terlihat di daerah-daerh pinggiran kota Tahuna. “Ini jumat agung. Jadi warga fokuskan ke ibadah perjamuan kudus,” ujar

About this entry

Poskan Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By holy of christ | © Copyright  2008