CARA MENGHINDARI DOSA


Jika kita baca pada Matius 4 dengan perikop Yesus dicobai.

Ada tida hal yang membuat manusia jatuh dalam dosa:
1. Soal makanan (kebutuhan untuk kelangsungan Hidup)
2. Hal mencobai Tuhan .
3. Hal kekuasaan.

Keterkaitan dari semua berawal dari satu hal yaitu: "KEINGINAN".
Hawa yang pertama kali jatuh dalam dosa disebabkan karena keingin tahuannya tentang buah yang "TERLARANG" sehingga iblis mulai menggoda karena ada celah yang dibuka oleh Hawa sehingga terjadilah dialog, tawar menawar dan timbullah persetujuan. (baca kitab kejadian tentang manusia jatuh dalam dosa)
Hal yang paling tepat dan cepat untuk menghindari dosa adalah:

1. Pikirkanlah yang Positif
Baca kitab Filipi
4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

2. Hindari berkeinginan yang tidak benar, karena keinginan akan melahirkan dosa.
Yakobus 1
1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

3. Lawan dan Kalahkan keinginan itu dengan Firman Tuhan didalam hati.
"BUKAN SETIAP ORANG YANG DITAKUTI, BUKAN SETIAP ORANG YANG MAMPU MENGALAHKAN ORANG LAIN BAIK DENGAN AKAL ATAUPUN KEKUATAN YANG DIKATAKAN PEMENANG MELAINKAN ORANG YANG DAPAT MENGALAHKAN DIRINYA SENDIRI YAITU KEINGINANNYA YANG DIKATAKAN PEMENANG".

Tuhan Yesus telah memberikan tauladan kepada kita tentang semua ini baik pada saat DIA dicobai dipadang gurun ataupun pada saat DIA ditangkap, diadili, dihina, diludahi, disiksa, dan disumpah dan Tuhan Yesus hanya menerima.
Tuhan Yesus telah mengajarkan tetapi juga melaksanakan segala Hukum yang disampaikan Nya.

Contoh:

"Jika ditampar pipi kirimu berikanlah juga pipi kananmu... dst"

"doakanlah musuh-musuhmu"... saat dikayu salib Tuhan Yesus berseru "Ya Bapa ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang telah mereka perbuat"...
dll...dll

Pada saat-saat itulah Tuhan Yesus diuji dengan segala keinginan_Nya sebagai manusia, jika Dia gagal dan terpancing sehingga Dia mengeluarkan sumpah serapah atau kutuk maka kita manusia tidak akan selamat karena sudah ada dosa dari sumpah serapah dan kutuk yang dibuat oleh Yesus sebagai manusia.

Oleh sebab itu maka hindarilah berpikiran yang akan menimbulkan dosa dan jika hal tersebut timbul lawanlah dengan Firman Tuhan.

Salam
Tuhan Yesus Memberkati.

About this entry

Poskan Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By holy of christ | © Copyright  2008